Saturday 31 October 2015

Cara Install XAMPP di Windows



Hallo sahabat bloger, gmana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya. :)
Ok, kali ini saya akan menjelaskan tutorial tentang Cara meng-Install XAMPP di windows. Nah, pertanyaannya, apa itu XAMPP? Untuk penjelasan tentang XAMPP, disini saya tidak akan menjelaskannya, karna detil tentang XAMPP sangatlah banyak di mbah GOOGLE. :d
Ok, langsung saja kita ke pokok permasalahan tentang CARA INSTALL XAMPP, dimana pada tutorial CARA INSTALL XAMPP ini saya menggunakan XAMPP versi 5.6.3. Sebenarnya cara install XAMPP versi berapapun sebenarnya sama, hanya berbeda sedikit saja. Untuk anda yang ingin menyamakan XAMPP nya dengan saya, dan bagi anda yang belum memiliki software XAMPP versi 5.6.3, silahkan download software-nya terlebih dahulu disini. Setelah download, silahkan ikuti langkah-langkah penginstalan XAMPP versi 5.6.3 berikut :

1. Silahkan anda Double klik software yang sudah anda download tadi.
Jika anda ada menggunakan anti-virus, maka akan tampil peringatan berikut :
 
Klik saja "yes"

2. Setelah itu akan tampil jendela peringatan berikutnya seperti ini :

Peringatan di atas akan tampil apabila anda menggunakan Windows 64 bit. Klik saja "OK"

3. Setelah itu akan tampil jendela berikutnya seperti ini :
  
klik "Next"

4. Selanjutnya akan tampil jendela "Select Components"
kilik "Next"

5. Selanjutnya akan tampil jendela penyimpanan Installasi
untuk lokasi penyimpanan Installasi, biarkan saja seperti pada gambar di atas, dan klik "Next"

6. Tampilan jendela berikutnya adalah sebagai berikut:
XAMPP menawarkan Bitnami sebagai cara cepat menginstall CMS seperti wordpress, joomla dan drupal. Tetapi kita akan menginstall wordpress secara manual, sehingga hapus pilihan/Unceklis “learn more about Bitnami for XAMPP”, kemudian klik Next

7. Jendela berikutnya adalh sebagai berikut :
Klik saja "Next", kemudian akan tampil jendela proses

8. Selanjutnya adalh jendela Instalasi Selesai
Biarkan pilihan check list “Do you want to start the Control Panel now?”, kemudian klik "Finish"

9. Menguji Instalasi XAMPP
Jika anda membiarkan pilihan “Do you want to start the Control Panel now?” pada jendela terakhir proses instalasi XAMPP, maka akan tampil jendela XAMPP Control Panel. Sesuai dengan namanya, Jendela XAMPP Control Panel ini adalah jendela yang digunakan untuk mengontrol apa saja modul XAMPP yang akan atau sedang dijalankan. Jika jendela ini tidak tampil, anda bisa mengaksesnya dari menu START->All Programs->XAMPP->XAMPP Control Panel. Untuk menguji instalasi XAMPP, silahkan klik tombol START pada modul Apache dan MySQL. Jika tidak ada masalah, akan tampil warna hijau pada bagian modul ini, seperti tampilan dibawah:

10. Selanjutnya, buka web browser dan ketikkan alamat localhost pada address bar, kemudian tekan enter. Jika tampil jendela pembuka XAMPP, maka semuanya telah terinstall dengan baik.

11. Pada gambar langkah 10, silahkan anda pilih bahawa sesuai keinginan anda. misal sini saya memilih bahasa "English", maka hasilnya adalah sebagai berikut :

12. Jika semua langkah-langkah di atas sudah anda lakukan, dan hasil akhirnya seperti langkah  11, maka Installasi XAMPP 5.6.3 kita sudah SUKSES.....!!!!!!!! :)

Ok, sekian tutorial saya tentang CARA INSTALL XAMPP 5.6.3 salah dan kurangnya saya minta ma'af.., karna saya masih tahab belajar juga. :d
Dan pada artikel selanjutnya saya akan berbagi tutorial cara membuat database MySql di PHPmyAdmin.

Bagi anda yang ingin mengetahui Tips-tips Ampuh Agar Cepat Mahir Pemrograman Java, silahkan anda baca juga atikel tentang Tips-tips Ampuh Agar Cepat Mahir Pemrograman Java.

Untuk sahabat bloger yang ingin diskusi tentang Pemrograman Java, anda boleh bergabung di group FB "Forum Programer Java dan PHP Indonesia" disini.

Ok, sekian dari saya, dan terimakasih sudah berkunjung.
Salam kompak.

1 comment:

  1. Terimakasih penjelasannya sangat bagus kunjungi juga
    Cara Install Xampp dan penggunaannya di

    darsonoaja.blogspot.com

    ReplyDelete