Saturday 31 October 2015

Cara Membuat DataBase MySql di phpMyAdmin

Sebelum anda membuat DataBase dengan MySql, anda sebaiknya terlebih dahulu menginstall XAMPP. Sebenarnya software untuk membuat Database MySql sangatlah banyak. Namun disini saya menggunakan software XAMPP saja. Karna dalam satu paket aplikasi XAMPP, kita sudah dapat banyak keuntungan. Diantaranya adalah untuk membuat sebuah DataBase MySql, dan sebagai Web Server sementara di PC kita, serta bisa digunakan untuk  sebagai Compiler pengkodingan dari pemograman web, seperti pemrograman PHP.
Untuk lebih jelasnya tentang XAMPP, silahkan anda cari/googling aja sama mbah google. hehehehe.. :d
Ok, kita langsung saja untuk tutorial Cara Membuat DataBase Dengan MySql. Berikut langkah-langkah-nya :

1. Pastikan di PC/Laptop anda sudah terinstall aplikasi XAMPP. Untuk tutorial Cara Mnginstal XAMPP, silahkan klik disini.
Disini saya menggunakan XAMPP versi 1.8.1

2. Setelah itu silahkan buka browser anda, kemudian ketikan pada kotak pencarian Web dengan tulisan "localhost/xampp", hingga seperti gambar berikut :
  
Setelah itu, silahkan klik "phpMyAdmin"

3. Setelah itu,  akan tampil seperti gambar berikut :
  
Kemudian klik tab "Database" atau "Basis Data(dalam bahasa indonesia")

4. Setelah itu akan tampil seperti gambar berikut :

5. Kemudian pada kolom "Basis Data" silahkan berikan nama Database sesuai keinginan anda. Disini pada contoh ini saya memberi nama database saya dengan nama "dbcontoh", kemudian klik "Buat"
  
catatan : untuk memberi nama database, jangan menggunakan spacsi.

6. Setelah anda mengklik tombol "Buat" maka di samping kiri browser anda akan ada nama database yang anda buat tadi
 
kalau sudah tampil di bagian kiri browser anda "dbcontoh" brarti database kita sudah berhasil dibuat. Nah selanjutnya, apabila anda ingin membuat tabel di Database yang baru kita buat tadi, silahkan anda klik nama database "dbcontoh" yang sudah anda buat tadi di damping kiri browser anda.

7. Maka akan tampil seperti berikut :

8. Setelah itu kita akan membuat sebuah tabel pada DataBase yang baru kita buat tadi, karna dalam sebuah database, kita bisa membuat lebih dari 1 tabel, bahakan sampai ratusan tabel dalam satu database. Namun pada contoh ini di dalam database yang baru kita buat tadi kita cuma membuat 1(satu) tabel saja, karna hanya sebagai contoh. Dimana tabel yang akan kita buat disini misalkan kita beri nama "tb_siswa", dan di dalam tabel "tb_siswa" misalkan terdapat 3 kolom, yaitu :
id
nama
alamat
Maka silahkan samakan seperti gambar berikut :
 setelah itu akan tampil seperti ini:
sesuaikan data pengisiannya seperti gambar diatas.

9.  Setelah semua terisi seperti gambar diatas, silahkan anda tekan "enter" atau klik "simpan"
10.Setelah itu, akan tampil di samping kiri browser anda sebuah nama tabel yang anda buat tadi
Jika sudah tampil nama tabel-nya, maka selesai sudah kita membuat sebuah DataBase MySql dengan nama "dbcontoh", dimana didalam database "dbcontoh" terdapat/sudah ada 1 tabel "tb_siswa".

Sekian tutorial dari saya tentang "Cara Membuat DataBase Dengan MySql", salah dan kurangnya dalam penulisan tutorial saya ini, saya minta ma'af, karna saya juga masih tahap belajar. Dan semoga bermanfaat.

Untuk membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman Java" silahkan klik disini.
dan bagi anda yang ingin didkusi tentang Pemrograman "Java"silahkan gabung di group FB "Forum Programer Java dan PHP Indonesia".

Salam sukses.

0 komentar:

Post a Comment